Sitti

Merancang Merk

Minggu, 17 Maret 2013



Apakah makna merk ?

Beberapa orang salah mengartikan merk dengan identitas, nama, serta logo product. Walau sebenarnya merk bukan hanya suatu hal yang dipandang atau diraba, tetapi yang bisa dirasakan seseorang. Merk yaitu kesesuaian pada yang dijanjikan pemilik product / layanan dengan apa yang didapatkan kepda customer. Keyakinan customer pada merk atau brand amat bergantung pada pengalamannya dengan bisnis, karyawan serta product / layanan tersebut. Lantas, merk yaitu seluruh pengalaman yang dirasakan pelanggan dari sesuatu product / layanan.

Apakah usaha / layanan anda membutuhkan merk ?

Jelas butuh, dikarenakan merk tersebut sebagai alasan atau basic seseorang menentukan product / layanan anda dari pada product pesaing. Saat merk anda jadi pilihan customer, kesetiaan pelanggan mulai didapat.

Bagaimana membangun satu merk ?

Meskipun ada ahlinya, anda butuh tahu banyak hal perihal branding atau membangun merk. Tersebut langkah yang dapat dikerjakan :

1. Meyakinkan apa yang bisa dilakukan

yakinkan apa type usaha, kekuatan perusahaan, serta berlebihan ( serta kekurangan ) product anda. Yang lebih mutlak memastikan apa yang bisa anda kerjakan di periode mendatang. Apabila seluruh itu telah dimiliki serta anda lakukan yang terbaik untuk pelanggan, unsur mutlak saat membangun merk terpenuhi.

Sebagai contoh Donny Pramono, pengagas Sour Sally Indonesia. Ia mengambil keputusan bikin sour sally dengan asumsi frozen yoghurt dapat disukai di Indonesia layaknya layaknya di Los Angeles. Dengan utang US$150. 000, ia buka 24 toko di empat kota. Cuma kurun waktu dua 1/2 th. Ia memperoleh keuntungan US$4juta. Walau sebenarnya, pramono cuma lakukan penelitian sederhana, yakni observasi lantas memakai peluang.

2. Tetapkan dengan spesifik target pasar

membangun imej product serta lakukan penjualan dapat lebih efisien bila tahu dengan jelas siapa target market anda. Apabila butuh dibikin spesifik mungklin, contohnya wanita hamil yang tinggal di jakarta barat. Anda bukan sekedar tahu keperluan meraka, tetapi juga dapat mengenalnya dengan personal serta pas.

Apalagi perusahaan besar apple, fokus promosi, penjualan, marketing, serta penentuan product untuk target pelanggan yang berlainan.



3. Memposisikan merk didalam pikiran pelanggan

menempatakan posisi ( brand posisioning ) sanagt mutlak untuk sesuatu merk, seeprti halnya penempatan lokasi sesuatu toko. Karena merk anda dapat memperoleh area spesial didalam benak pelanggan. Untuk tujuan ini, product mesti memiliki satu keunikan yang bermakna untuk pelanggan sekalian membedakan dengan yang lain.

Memastikan posisi merk dibenak pelanggan, ditentukan pada bagaimana langkah mengenalkan bisnis anda. Apa persepsi serta respon pelanggan atas merk anda.

Apabila perihal ini tidak dapat dikerjakan sendiri, anda dapat menyewa layanan spesialis brand positioning untuk menolong mengindentifikasi posisi yang pas untuk bisni anda.


4. Menciptakan dna merk anda

Seperti manusia, merk mempunyai inti ( hati ), karakter, atribut, wujud serta rasa. Sesuatu merk dapat dipandang dari wujud serta atributnya layaknya design logo, warna, wujud kemasan, jingle ( lagu ), atau lambang.

Sesudah memastikan positioning merk, pertimbangkan bagaimana harga serta keuntunganmerk tersebut bisa menarik pelanggan. Contohnya, the body shop product hypo-allergenic awalannya adalah ukm. Dengan lakukan aktivitas amal untuk komune kelompok umur bawah, body shop beroleh keuntungan sepanjang 30 th.. Ini juga penyebab orang lebih tertarik, beli sabun tea tree body shop dibanding dengan sabun tea tree produksi pesaingnya.

5. Mudah dikenali

Banyak atribut yang bisa mengidentifikasikan merk anda. Nama, logo, atau tagline walau kecil tetapi mutlak. Pakai elemen identitas product anda untuk jadi yang paling depan dari yang lain, hingga mudah dikenali. Pertimbangan sebagian elemen indentitas contohnya, warna, kemasan, dekorasi kantor, bagaimana karyawan anda menyapa pelanggan. Bagaimana supaya seluruh itu melahirkan pengalaman mengesankan pada pelanggan anda hingga mereka tertarik.

Bagaimana berlebihan product anda dengan pesaing, serta bagaimana perihal itu bisa diterapkan tanpa banyak kesusahan. Pasti mempertimbangkan pemakaian elemen lain layaknya dunia maya, brosur, spanduk atau melalui merchandise.

Disamping itu, anda mesti meyakinkan bahwa bisnis yang digerakkan sesuai dengan prinsip awal membangun merk. Sistem, product, servis, serta orang anda mesti bisa mengemukakan visi merk anda. Lantas setiap kali pelanggan lihat merk ada, mereka dapat meyakini merk, jadi setia, serta merekomendasikan pada orang lain.

Bagaimana mengemukakan merk ?

Tugas anda tidak berhenti pada menciptakan sesuatu logo serta tagline yang bagus. Anda dapat pakai iklan bila sudah membangun sesuatu imej merk serta memerlukan dukungan lebih. Untuk bisnis kecil yang belum atau tetap sedikit dikenal orang, kerjakan promosi atau peluncuran product anda dengan tenaga pr ( public relation ).

Bagaimana memasarkan merk ?

Saat telah lakukan penyampaian merk dengan berkelanjutan, anda mesti mulai pro aktif memasarkan. Janganlah lakukan penjualan saat tetap ada problem dengan merk. Bila tidak justru dapat melemahkan seluruh keyakinan yang sudah anda bina. Tetapi, saat telah betul-betul siap memasarkan, pakai media, pesan serta intonasi yang cocok dengan merk tersebut.

Melindungi serta memelihara merk ?

Merk anda butuh di perhatikan, diatur serta dijaga. Karenanya dibutuhkan investasi waktu serta duit. The coca cola tak lagi bermakna bila perusahaan membiarkan pasar lokal ganti ukuran botol, atau ganti warna belakang logo jadi jingga bukan hanya merah. Sama layaknya sour sally, bila meluai tampak layaknya simple simon, orang dapat mudah menggantinya dengan merk lain.

Saat ini orang beli makin sedikit product, serta makin banyak merk. Saat membiarkan merk anda tidak terurus, dapat amat mudah jatuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Chitika

 
 
 

Label

Label

Labels