Sitti

Bisnis "Hujan"

Rabu, 10 Oktober 2012

Cucian Mobil dan Motor


Tiba-tiba saja hujan, lalu terpikir, kira-kira usaha apa  ya,  yang cocok waktu musim hujan? Dengan modal yang tidak begitu besar, mungkin  bisa membuka usaha cucian motor dan mobil. Trus untuk memulai,  hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuka usaha steam cucian) motor atau mobil

1. Lokasi
Menentukan lokasi tempat cucian motor/mobil adalah salah satu point penting yang sangat menentukan kelangsungan usaha Anda akan berhasil atau tidak.


Biasanya, lokasi strategis yang kerap dicari konsumen adalah bersebelahan dengan pom bensin (SPBU), bengkel, atau berdekatan dengan pusat perbelanjaan. Meski demikian, tak jarang lokasi steam juga laku di kawasan permukiman. Konsumen akan mencari lokasi yang cenderung besar.

2. Kombinasikan dengan resto
Agar konsumen tidak bosan selama menunggu mobil atau motornya dicuci, Anda bisa membuka usaha sampingan di tempat pencucian, sepeti berjualan minuman atau makanan ringan seperti mi rebus atau roti bakar. Dengan demikian, konsumen merasa betah saat menunggu mobilnya.


3. Air
Air menjadi media utama dalam dalam proses cuci motor/mobil. Perhatikan kondisi air yang digunakan, apakah terlihat keruh atau kotor dan berpasir? Jika salah satu kriteria tadi ada pada air tersebut, maka tidak disarankan digunakan untuk mencuci motor atau cuci mobil.


Tanpa disadari bahwa air yang keruh juga mengandung kotoran walaupun sangat halus. Lama kelamaan kotoran akan mengendap dan akan “menimbun” di motor/mobil kita. Hal ini bisa kita lihat indikasinya pada body yang cenderung semakin lama semakin kusam dan buram.

4. Peralatan mencuci
Umumnya peralatan yang banyak digunakan adalah compressor/steam wash. Namun jika kita mencuci dirumah atau ditempat tinggal sendiri biasanya cukup dengan alat-alat lap kain halus (misalnya bekas kaos dalam)/kanebo, ember, selang air, sikat dan sabun.


Namun ada juga yang memiliki alatmesin pencucian motor dan mobil sendiri. Biasanya ukuran daya paling kecil sampai 600 watt, dan tentunya daya semprotnya juga nggak terlalu tinggi. Namun salah satu kelemahan alat ini adalah harus disambungkan dengan kran dimana airnya berasal dari bak penampungan. Di sisi lain, tempat airnya harus lebih tinggi dari lokasi pencucian mobil atau motor, supaya tekanan air lebih besar.

5. Cara mencuci
Pencucian motor/mobil yang baik dimulai dari bagian bawah ke atas, mulai dengan membasahi seluruh permukaan motor dan dilanjutkan dengan menggosok bagian kaki dan bagian mesin. Baru setelah itu cuci bagian tangki dan lampu.


Untuk proses mengeringkan, mulailah dari bagian atas turun ke bagian bawah, dengan tujuan bagian yang sudah kering tidak kena air lagi sewaktu mengelap bagian atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Chitika

 
 
 

Label

Label

Labels